بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Pilihan Ganda HOTS
1. Aisyah sedang membaca buku tentang Asmaul Husna. Ia menemukan bahwa Al-Malik berarti Maha Raja. Menurut Aisyah, sifat Al-Malik dapat dilihat dari bagaimana Allah mengatur alam semesta. Bagaimana kamu dapat menunjukkan pengaturan Allah dalam kehidupan sehari-hari?
A. Mengikuti aturan sekolah dengan tertib.
B. Tidak peduli dengan aturan yang ada.
C. Membuat peraturan sendiri yang sesuai keinginan.
D. Mengabaikan orang lain yang melanggar aturan.
2. Hasan belajar bahwa Al-Aziz berarti Maha Mulia. Ia ingin hidup mandiri dan mulia. Apa contoh tindakan mandiri yang bisa Hasan lakukan di rumah?
A. Meminta tolong ibu untuk mengerjakan PR.
B. Menyelesaikan PR sendiri tanpa bantuan orang lain.
C. Menunda pekerjaan rumah hingga esok hari.
3. Fatimah senang hidup bersih karena itu adalah akhlak terpuji yang meneladani Asmaul Husna Al-Quddus. Mengapa menjaga kebersihan itu penting?
A. Karena kebersihan hanya untuk terlihat baik di depan orang lain.
B. Karena kebersihan memberi manfaat kesehatan jasmani dan rohani.
C. Karena semua orang harus melakukannya.
D. Karena akan mendapat hadiah dari orang tua.
4. Abdullah sedang belajar tentang Al-Mu'min, yang berarti Allah memberi rasa aman. Bagaimana kita bisa membuat lingkungan sekitar menjadi aman?
A. Mengikuti aturan yang ada di lingkungan.
B. Membuat aturan sendiri.
C. Mengabaikan aturan.
D. Membiarkan orang lain melanggar aturan.
5. Zainab mendengar bahwa As-Salam berarti Maha Menyelamatkan. Ia ingin menjaga lisan agar orang lain tidak terluka. Apa yang harus dilakukan Zainab agar lisan tetap terjaga?
A. Mengatakan hal yang baik atau diam.
B. Berkata kasar jika sedang marah.
C. Mengungkapkan apa yang dipikirkan tanpa memikirkan perasaan orang lain.
D. Mengabaikan ucapan yang menyakitkan.
6. Bilal belajar tentang sifat Al-Quddus yang Maha Suci. Apa contoh sikap yang meneladani sifat Al-Quddus dalam kehidupan sehari-hari?
A. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
B. Mengabaikan kebersihan lingkungan.
C. Hanya membersihkan diri saat pergi ke sekolah.
D. Membiarkan orang lain membersihkan untuk kita.
7. Ali ingin meneladani Asmaul Husna Al-Malik dengan menahan diri saat marah. Apa yang bisa Ali lakukan saat merasa marah?
A. Segera merespon dengan marah.
B. Menghitung hingga sepuluh dan mengambil napas dalam-dalam.
C. Mengabaikan perasaan marah dan memendamnya.
D. Membalas dendam di lain waktu.
8. Hafsah ingin menjadi anak yang mandiri seperti yang diajarkan oleh Al-Aziz. Apa yang Hafsah lakukan jika ingin makan siang di rumah?
A. Meminta ibunya menyiapkan makanan.
B. Memasak atau menyiapkan makanan sendiri dengan pengawasan orang tua.
C. Menunggu hingga orang lain membuatkan.
D. Tidak makan jika tidak ada yang menyiapkan.
9. Umar mengingat pentingnya hidup tertib seperti yang diajarkan Al-Mu'min. Bagaimana Umar bisa hidup tertib di sekolah?
A. Mengikuti jadwal pelajaran dengan disiplin.
B. Mengatur waktu sekolah sesuai keinginannya.
C. Menunda-nunda tugas hingga menit terakhir.
D. Mengabaikan peraturan sekolah.
10. Khadijah ingin menjaga ucapannya agar meneladani Asmaul Husna As-Salam. Mengapa penting untuk menjaga lisan?
A. Agar tidak melukai perasaan orang lain.
B. Agar orang lain tahu apa yang kita pikirkan.
C. Agar terlihat pintar.
D. Agar mendapatkan banyak teman.
11. Musa belajar bahwa menahan diri adalah contoh meneladani Asmaul Husna Al-Malik. Situasi apa yang membutuhkan Musa untuk menahan diri?
A. Saat temannya mengambil mainannya.
B. Saat ia sangat senang.
C. Saat sedang bermain dengan adiknya.
D. Saat mengerjakan tugas sekolah.
12. Maryam ingin menjadi anak yang mandiri dan berakhlak mulia. Bagaimana Maryam dapat menunjukkan kemandirian di sekolah?
A. Menyelesaikan tugas sekolah sendiri.
B. Menunggu hingga ada teman yang membantu.
C. Menunda tugas hingga hari terakhir.
D. Meminta bantuan guru untuk mengerjakan tugas.
13. Hamzah memahami bahwa Asmaul Husna Al-Quddus mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan. Apa yang Hamzah bisa lakukan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah?
A. Membuang sampah pada tempatnya.
B. Membiarkan sampah berserakan.
C. Menunggu petugas kebersihan membersihkan.
D. Membuang sampah di mana saja.
14. Ruqayyah belajar tentang pentingnya menjaga lisan dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Apa yang bisa dilakukan Ruqayyah saat temannya bersedih?
A. Menghibur dengan kata-kata baik.
B. Mengabaikannya.
C. Menyindir dengan kata-kata yang lebih menyakitkan.
D. Membicarakannya dengan teman lain.
15. Usman belajar tentang pentingnya tertib di rumah sebagai bentuk meneladani Al-Mu'min. Apa yang harus dilakukan Usman agar rumahnya tetap tertib?
A. Membantu orang tua mengatur jadwal harian.
B. Membiarkan orang tua yang mengatur segalanya.
C. Mengabaikan tanggung jawab rumah.
D. Hanya mematuhi aturan saat diawasi.
Isian MOTS (Moderate Order Thinking Skills)
- Aisyah mengamati bahwa pergantian siang dan malam terjadi secara teratur. Sebutkan nama Asmaul Husna yang mencerminkan keteraturan ini!
- Hasan sering membantu ibunya mencuci piring setelah makan. Perbuatan Hasan meneladani sifat Allah yang Maha Mulia. Sebutkan nama Asmaul Husna yang sesuai dengan sifat tersebut!
- Fatimah selalu menjaga kebersihan di kelasnya dengan menyapu lantai setiap pagi. Sikap ini mencerminkan sifat Allah yang Maha Suci. Apa nama Asmaul Husna yang sesuai dengan sifat tersebut?
- Abdullah merasa tenang ketika berada di lingkungan yang aman dan nyaman. Keamanan ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Sebutkan nama Asmaul Husna yang berarti Maha Pemberi Keamanan!
- Zainab selalu menjaga ucapannya agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Sifat ini meneladani Asmaul Husna yang berarti Maha Pemberi Kesejahteraan. Apa nama Asmaul Husna tersebut?
- Bilal ingin menunjukkan kebersihan hati dan pikiran dengan selalu berpikir positif. Sikap ini sesuai dengan salah satu Asmaul Husna yang berarti Maha Suci. Sebutkan nama Asmaul Husna tersebut!
- Ali sedang belajar tentang sifat Allah yang Maha Raja, yang mengatur segala sesuatu di alam semesta. Apa nama Asmaul Husna yang berarti Maha Raja?
- Hafsah sering menyelesaikan tugasnya tanpa bantuan orang lain, meneladani sifat Allah yang Maha Mulia. Sebutkan nama Asmaul Husna yang mencerminkan kemandirian dan kemuliaan ini!
- Umar selalu disiplin dalam menjalankan shalat tepat waktu, meneladani sifat Allah yang Maha Mengatur. Apa nama Asmaul Husna yang sesuai dengan sifat ini?
- Khadijah selalu memberikan kata-kata semangat kepada temannya yang sedang bersedih, meneladani sifat Allah yang Maha Pemberi Kesejahteraan. Sebutkan nama Asmaul Husna yang mencerminkan sifat ini!
Uraian HOTS
1. Aisyah belajar tentang Asmaul Husna Al-Malik yang berarti Maha Raja. Dia ingin mengetahui lebih dalam bagaimana Allah mengatur alam semesta dan kehidupan di dalamnya.
Jelaskan bagaimana kamu melihat pengaturan Allah dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi sikapmu terhadap sesama!
2. Hasan ingin meneladani Asmaul Husna Al-Aziz yang berarti Maha Mulia dengan menjadi anak yang mandiri.
Menurutmu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjadi anak yang mandiri baik di rumah maupun di sekolah? Jelaskan dengan memberikan contoh konkret!
3. Fatimah sangat peduli dengan kebersihan dan kesehatan sebagai bentuk pengamalan sifat Allah Al-Quddus yang Maha Suci.
Mengapa menjaga kebersihan penting dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan dampak positifnya bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar!
4. Abdullah ingin meneladani sifat Allah Al-Mu'min, yang berarti Maha Pemberi Keamanan, dengan menciptakan suasana aman dan damai di lingkungannya.
Bagaimana cara kamu bisa berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai di rumah, sekolah, dan masyarakat? Jelaskan!
5. Zainab mendengar bahwa menjaga lisan adalah salah satu bentuk meneladani sifat As-Salam, Maha Pemberi Kesejahteraan.
Jelaskan mengapa penting bagi kita untuk menjaga ucapan kita dalam berinteraksi dengan orang lain! Bagaimana dampaknya terhadap hubungan sosial?
Kunci Jawaban
Pilihan ganda HOTS
- A
- B
- B
- A
- A
- A
- B
- B
- A
- A
- A
- A
- A
- A
- A
Isian MOTS
1. Al-Malik
2. Al-Aziz
3. Al-Quddus
4. Al-Mu'min
5. As-Salam
6. Al-Quddus
7. Al-Malik
8. Al-Aziz
9. Al-Mu’min
10. As-Salam
Uraian HOTS
1. Pengaturan Allah terlihat dari keteraturan alam seperti pergantian siang dan malam, siklus hujan, dan keseimbangan ekosistem. Hal ini mengajarkan kita untuk menghargai dan menjaga lingkungan, serta menghormati sesama dengan berperilaku adil dan disiplin.
2. Contoh tindakan mandiri adalah menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan orang lain, membantu pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar, dan mengambil inisiatif untuk belajar hal baru. Hal ini menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab yang tinggi.
3. Menjaga kebersihan penting untuk kesehatan fisik dan mental. Lingkungan yang bersih mengurangi risiko penyakit dan memberikan kenyamanan. Kebersihan juga mencerminkan keimanan seseorang dan menjaga keharmonisan dengan orang di sekitar.
4. Kontribusi menciptakan lingkungan aman bisa dilakukan dengan menaati aturan, menghindari konflik, dan bersikap toleran. Di rumah, membantu orang tua menjaga ketertiban, di sekolah menaati peraturan, dan di masyarakat, bersikap saling menghargai dan membantu.
5. Menjaga ucapan penting untuk mencegah konflik dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Ucapan yang baik dapat mempererat persahabatan, sementara ucapan yang buruk dapat merusak hubungan sosial dan menimbulkan permusuhan.
┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈